Catatan:TS adalah salah satu metode mencatat tingkat
tinggi, selain catatan:TS ada juga yang dinamakan mind map. Namun pada
pembahasan kali ini saya akan membahas tentang catatan:TS, karena kebanyakan
orang sudah tau tentang mind map dibandingkan dengan catatan:TS. Selain itu,
catatan:TS juga merupakan salah satu tugas yang rutin diberikan dari dosen saya
hehe..
Ciri yang paling penting dari sistem ini adalah bahwa
catatan ini memudahkan Anda untuk mencatat pemikiran dan kesimpulan pribadi
Anda bersama-sama dengan bagian-bagian kunci pembicaraan atau materi bacaan.
Gambar diatas merupakan tampilan Catatan:TS yang
terdiri dari tanggal&tempat, topik diletakkan disisi kiri dan pemikiran,
kesan, perasaan, reaksi, pertanyaan, kepedulian diletakkan disisi kanan. Teknik
mencatat seperti ini benar-benar sangat efektif karena dalam waktu bersamaan
kita dapat menulis topik dan langsung mengomentarinya.
Catatan:TS adalah cara menerapkan pikiran sadar
ataupun bahwa sadar Anda terhadap materi yang sama dengan cara sadar
(Porter&Hernacki:160). Mengapa catatan tulis susun ini efektif? karena
ketika pikiran sadar kita berpusat pada material dan proses menuangkannya
diatas kertas, pikiran bawah sadar kita bereaksi, membentuk kesan, membuat
hubungan-hubungan, dan melakukan keseluruhan pekerjaan kurang lebih secara
otomatis. Catatan:TS mengkoordinasikan kedua aktivitas mental ini untuk
mencapai hasil yang lebih efektif.
Maka dari itu, catatan:ts ini sangat saya anjurkan
dalam cara mencatat Anda. Setelah tahu catatan:TS itu apa, sekarang saya akan
menjelaskan bagaimana menggunakan catatan:TS tersebut. Cara ini saya ambil dari
buku Quantum Learning, buku pertama yang diperkenalkan oleh dosen mata kuliah
Character Building saya sekaligus sebagai tugas pertama saya.. hehe
Langkah pertama yaitu mulailah dengan secarik
kertas(boleh yang bergaris boleh yang tidak)
Gambarlah garis secara vertikal, kira-kira sepertiga
bagian dari tepi kanan. Sisi kiri kertas itu adalah untuk menuliskan catatan;
sisi kanan (ruang yg lebih kecil) untuk menyusun catatan.
Disisi kiri tuliskan apa yang dikatakan pembicara
(poin-poin penting, diagram, istilah, dan bagan-bagan). Disisi kanan catat
pemikiran, perhatian, perasaan, reaksi, dan pertanyaan-pertanyaan Anda. Pada saat
penyusunan catatan tulislah apa saja yang muncul dalam pikiran Anda tanpa
menyensornya. Saya sudah sering mendapat tugas membuat catatan:TS dari sebuah
buku, biasanya penyusunan catatan saya seperti ini :
“Ini luar biasa… ini membosankan… apakah aku termasuk
didalamnya?…. bagaimana bila aku tidak seperti itu?… ini benar-benar
pengetahuan yang baru untukku!”
Kurang lebih seperti itu, hehe.
Ini adalah contoh Catatan:TS yang pernah saya buat dari buku The 7 Habits karya Sean Covey
Ini adalah contoh Catatan:TS yang pernah saya buat dari buku The 7 Habits karya Sean Covey
Menulis pikiran Anda dengan cara ini akan membantu
Anda memusatkan konsentrasi Anda dan mengalihkan pikiran Anda kembali pada apa
yang sedang dikatakan pembicara. Contohnya yaitu Mark Reardon, direktur
pelatihan SuperCamp memanfaatkan teknik Catatan:TS ketika ia mendengar ceramah
Randolph Craft tentang mendiang Buckminster Fuller. Ketika menggunakan cara
ini, Reardon mengingat “Ketika
mendengarkan beliau berbicara, saya perhatikan bahwa pada mulanya ia tidak
mengatakan apapun yang perlu saya catat atau ingat secara khusus. Beliau menggunakan
waktu ini untuk membuat kami siap untuk hal-hal yang akan dibicarakannya nanti.
Maka ketika beliau berbicara, saya menuliskan tentang pengamatan fisik saya
terhadap beliau pada bagian penyusunan catatan-catatan dikertas saya…cara
beliau melipat tangannya, air mukanya. Kini, pada saat saya mengulangi catatan
saya tentang pidato itu, komentar-komentar ini membangkitkan emosi dan perasaan
dalam diri saya dan saya dapat mendengar suaranya di dalam pikiran saya.” –
Mark Reardon-
Pengalaman Reardon diatas sudah membuktikan bahwa
Catatan:TS ini benar-benar membantu kita dalam mencatat sesuatu. Namun ketika
menggunakan Catatan:TS ini, luangkanlah waktu Anda satu atau dua menit setelah
mengikuti seminar atau pidato untuk membaca kembali catatan Anda. Berikan
simbol-simbol dan gambar-gambar yang mempunyai arti bagi diri Anda. Karena simbol-simbol
akan memicu gagasan-gagasan, mengingatkan akan komentar-komentar pembicara, dan
membantu mengingat kembali tentang presentasi itu.
Dalam buku Quantum Learning telah dijelaskan bahwa
teknik Catatan:TS ini sangat berhasil untuk melakukan pencatatan selama
berlangsungnya pidato, pertemuan, atau seminar. Teknik ini juga berhasil baik
untuk mencatat materi bacaan.
Namun, ada pepatah yang berkata bahwa “Alah bisa
karena biasa”, di dalam teknik ini pun sama. Karena orang yang tidak terbiasa
menggunakan metode Catatan:TS atau pun mind mapping, akan kesulitan ketika
membuat catatan memakai metode tersebut.
Kuncinya adalah berlatih,berlatih,dan berlatih. Gunakanlah
teknik ini sesering mungkin, karena menurut pengalaman saya pun saya merasakan
hal yang sama. Ketika pertama kali saya ditugaskan untuk membuat Catatan:TS
dari sebuah buku oleh dosen saya, saya merasa kebingungan dan hampir putus asa.
Saya bingung apa yang harus saya tulis, dan apa yang harus saya komentari. Namun
dosen saya selalu memberikan tugas Catatan:TS terus menerus dengan berbagai
buku yang berbeda. Lama kelamaan saya menjadi terbiasa dan dapat membuat
Catatan:TS lebih cepat dari biasanya.
Saya menjadi sadar, mengapa dosen saya selalu memberi
tugas Catatan:TS. Ternyata untuk melatih saya menggunakan teknik mencatat
tingkat tinggi. Karena kita tidak akan bisa langsung mahir dalam suatu hal,
bila tidak ada latihan didalamnya.
Selain itu, saya juga akan membahas tentang kiat-kiat
tambahan untuk membuat Catatan:TS. Perhatikan baik-baik karena ini akan sangat
berguna bagi kehidupan Anda.
§ Dengarkan secara aktif
Ketika Anda ada dalam sebuah seminar
perhatikanlah petunjuk-petunjuk fisik yang berasal dari pembicara, selain itu
perhatikan ketika ia mengulangi suatu gagasan atau kata, dan duduklah sedepan
mungkin dalam ruangan itu. Hal itu akan benar-benar membantu Anda dalam
mengambil petunjuk-petunjuk penting.
§ Amati dengan cermat
Anda harus bisa mengamati dengan
cermat, jangan sampai tubuh Anda ada diruang seminar tapi pikiran Anda ada
dirumah. Itu tidak akan berhasil
§ Berpartisipasi
Jika Anda tidak memahami sesuatu atau
mempunyai pertanyaan. Maka tanyakanlah, agar hal yang Anda bingungkan menjadi
jelas.
§ Tinjauan awal
Pelajarilah hal yang akan disampaikan
oleh pemateri sebelumnya.
§ Membuat yang auditorial menjadi visual
Gunakanlah simbol-simbol atau gambar-gambar
dalam catatan Anda
§ Jadikan mengulang itu mudah
Salinlah catatan-catatan kunci pada
kartu berukuran kecil yang dapat Anda bawa kemana-mana. Ketika Anda sedang
antri atau menunggu suatu janji, Anda dapat mengeluarkan kartu tersebut selama
beberapa menit untuk menambah waktu belajar dan berpikir.
§ Bersikap teguh dalam mencoba
Dan yang terakhir, cobalah untuk
meluangkan waktu dalam menggunakan metode ini.
Semoga setelah membaca tentang postingan ini, Anda mau
meluangkan waktu Anda untuk mencatat dengan metode Catatan:TS J
Sumber : Quantum Learning karya Bobbi de Porter & Mike Hernacki
Comments